Monday, March 19, 2012

5 Orang Terbunuh Dalam Serangan Dekat Istana Presiden Somalia


Sedikitnya lima orang telah dibunuh di ibukota Somalia, Mongadishu, ketika gerilyaan menembakkan mortir Di istana presiden tapi malah mengenai tempat pengungsian.
Tujuh orang lainnya mengalami cedera dalam serangan tengah malam, kelompok militer al-Shahablah pihak yang diklaim bertanggung jawab.
kolonel tentara Somalia mengatakan mortir mendarat ratusan meter dari kamp sementara, yaitu tempat pengungsian selama beberapa tahun karena konflik dan kemarau. Dia mengatakan bahwa serangan tidak mengakibatkan bahaya untuk istana presiden.
Ini adalah yang kedua kalinya dalam seminggu al-Shahab mencoba untuk menyerang  istana presiden.
Pemerintah Somalia dan African Union telah mengeluarkan secara paksa kelompok tersebut dari benteng Mogadishu sebelumnya, tapi al-Shahab melanjutkan melancarkan roket, bom, dan serangan bunuh diri di ibukota Somalia tersebut.
Kelompok yang terkait dengan al-Qaida tersebut, sedang mencoba untuk menghancurkan pemerintahan dan mengubah Somalia menjadi wilayah Islam garis keras.

Ditranslit dari: http://www.voanews.com/english/news/africa/east/Deadly-Attack-Near-Somali-Presidential-Palace-143303446.html

Wednesday, March 14, 2012

PARAPHRASE (KUTIPAN)

Definition
Paraphrasing is using different language to say the same thing or restating another writer's words and ideas in your words. The length of paraphrase should be same with the original text. In paraphrase, the vocabulary and grammar should be changed from the original text. Before Paraphrasing The Original Text We Should Introduce The Information By Using The Phrase According To Followed By The Author's Name Or The Name Of The book  or we can use the name of the source with a verb, such as state, say, argue, believe, reveal, conclude, report, suggest or etc. 
The verbs in a paraphrase are sometimes used in the present tense rather than past tense; however, both tenses have the same meaning.

Technique 
There are five techniques of making paraphrase:
1. Using synonymous words or expressions
Example:
Original sentence: The stallion was content with the mare.
Paraphrasing        : The male horse was happy with the female horse.
2.Changing active to passive forms or vice versa.
 Example:
original sentence: Ajmi write the poetry.
paraphrase: the poetry is written by Ajmi.
3. Changing word forms 
 Example:
original sentence: Fauzan is a diligent student.
paraphrase: Fauzan studies diligently.
 4.  Changing clausal /phrase structures
Example:
original sentence: Adi was singing when Fajri read a book.
paraphrase: Fajri was reading a book when Adi sang a song.
5. Changing quoted speech to indirect speech or vice versa (sebaliknya) .
Example:
original sentence: Rijal said that he likes cat.
paraphrase: Rijal said: "i like cat".


How To Make a Paraphrase
there are steps of making a paraphrase:
1.Read the material/text that you plan to paraphrase.  read it several times carefully to make sure you understand the meaning. 
2. Look up complex words or phrases in a dictionary.  use the thesaurus for help in finding synonyms.
3. Put the text aside and write down its intended meaning using your own words.  Rearrange the sentence structure or the order of the sentences.
4. Compare the length of what you have written to the original text.  They should be the same length.  A paraphrase does not condensate the material.
5. make sure that the meaning of what you have written is the same as the meaning of the original text.
6.Cite your paraphrase using an acceptable citation method.  These are not your ideas so you must give credit to where you get them.

Tuesday, March 13, 2012

Keterampilan Mengajar

Mengajar adalah tugas pokok seorang guru, dimana dia akan selalu berkutat dalam kegiatan tersebut dalam kesehariannya, dalam melakukan proses pengajaran, tentunya seorang guru haruslah memiliki keterampilan khusus agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri, secara umum ada beberapa keterampilan dalam mengajar yang harus diketahui dan dimiliki oleh seorang guru, yaitu sebagai berikut:

1. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
keterampilan membuka pelajaranharus dimiliki oleh seorang guru untuk membuat murid atau siswa siap secara mental dalam mengikuti pelajaran yang akan diberikan. sementara keterampilan menutup pelajaran sangatlah penting karena disini  guru akan memberikan kesimpulan, penilaian dan atau  penugasan kepada siswa agar siswa dapat benar-benar memahami pelajaran yang sudah diberikan.

2. Keterampilan bertanya.
keteranpilan ini untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam bertanya, membangun aktivitas siswa dan mengukur hasil dari proses pembelajaran yang telah atau sedang berlangsung.

3.  Keterampilan mengadakan variasi.
Keterampilan ini diperlukan untuk membangun suasana kelas agar proses belajar mengajar tidak berjalan monoton yang mengakibatkan siswa menjadi bosan dan pembelajaran menjadi tidak efektif.

4. Keterampilan mengelola kelas.
Keterampilan ini diperlukan agar siswa dapat fokus dalam mengikuti pelajaran sehingga pelajaran bisa berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.

5. Keterampilan menjelaskan.
Keterampilan ini jelas harus dimiliki oleh seorang guru, karena menjelaskan adalah proses transfer informasi dari guru kepada siswa, tanpa memiliki keterampilan dalam menjelaskan, maka akan  menyulitkan guru dalam mentransfer informasi kepada siswa yang akhirnya mengakibatkan siswa tidak akan mendapatkan apa-apa dari proses pembelajaran.

6. Keterampilan memimpin diskusi dalam kelas.
Keterampilan ini diperlukan untuk membantu siswa dalam saling berbagi pengalaman dan informasi, melatih siswa dalam mengutarakan pendapat serta memecahkan masalah yang hadapi.

7. Keterampilan mengajar kelompok kecil.
Keterampilan ini diperlukan agar guru dapat membangun hubungan interpersonal antara guru dengan siswa serta siswa dengan siswa sehingga dapat menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan dan kebutuhan siswa.

8. Keterampilan memberi penguatan.
Keterampilan ini diperlukan untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap pelajaran, membangkitkan motivasi siswa sehingga memudahkan siswa dalam belajar.

Itulah delapan keterampilan dalam mengajar yang setidaknya diketahui dan dimiliki oleh seorang guru untuk membantu proses belajar mengajar di  dalam kelas.

Sunday, March 11, 2012

Strength and Weakness of Subjective Test

Strength:
1. It is easy to construct the question items.
2. It gives the chance for the students to demonstrate their abilities to develop their own answer or argument.
3. It gives the chance to the students to purpose their purpose in their own language.
4. It can be used for high thinking process.
5. The teacher can know how the students' understanding about the lesson.
6. Need fewer question items.

Weakness:
1. It depends on performance.
2.It has low validity and reliability.
3. The assessment usually subjective.
4. Spend a lot of time to evaluate the result.

Strength and Weakness of Objective Test

Strength:
1. It can be assessed objectively by everyone.
2. Easier and faster to check the answer.
3. It covers a wide range of issues.
4. the answer is certain for evaluation students' ability.
5. The validity is better than subjective test.
Weakness:
1. To construct the question items is more difficult.
2. It tends to guess or cheat.
3. it doesn't make the students to give more creative answer.
4. The students can't express their own opinion.

Saturday, March 10, 2012

English Language Laboratory

Historical Background

In 1984, the English Writing Laboratory (EWL) was born "as on offshoot of the students' urgent need to simultaneously accomplish course requirements and work on their specific deficiencies in English communication skills."
The EWL "existed primarily for the purpose of making students achieve communicative competence, without having them go through the rigors of remediation." (From the Ablaza report: "Speech and Writing Lab. 1994 and Beyond")
In 1986 the lab expanded the scope of its services to include speech, thus the laboratory was re-named the Speech and Writing Laboratory or SWL and it was housed at Miguel 405. This dual focus was consistent with the nature of English One then, which was partly speech communication and partly a reading and writing course. However, based on feedback from both faculty and students, speech was made into a separate subject (SPEECOM now) with the reading and writing components kept in ENGLISH ONE (now called ENGLCOM). Greater focus given to each subject has meant some major improvements in the facilities and resources of the speech and reading/writing laboratories, thus necessitating another change in name. The name English Language Laboratory (ELL) was adopted in 2002. In 2006, the ELL along with the College of Education moved to the Bro. Andrew Bldg. It is presently located in A1410 (the Writing Laboratory) and in A1408 (the Speech Laboratory formally named the Horacio Cebrero Sr. Language Laboratory).

The Mandate of the ELL:

The English Language Laboratory (ELL) is the laboratory/remediation arm of the Department of English and Applied Linguistics. It seeks to supplement English classroom instruction by extending tutorials in the four macro-skills of reading, writing, speaking and listening. In this manner, the deficiencies of students in grammar, reading, speaking, listening and writing are addressed.
The primary beneficiaries of ELL's services are the ENGLONE students whose tuition includes the tutorial sessions in the ELL. The ELL also offers tutorials in academic reading and writing to graduate students.

Tutorials at the ELL:

Based on the results of a diagnostic essay written at the beginning of the term, students are referred to the ELL for extra sessions/work on perceived language difficulties/deficiencies. A tutor is assigned to a small group of students (maximum is 10 students) and s/he gives seatwork and homework to them to reinforce learned skills. For grammar exercises, the students use the software Grammar 3D which is installed in the ELL computers.
On the average, tutorial sessions last 10.5 hours which are scheduled in three batches in order to accommodate more students. Students are evaluated and given points as part of their grade in ENGLONE. The students likewise grade their tutors.
The ELL tutors come from the Department of English and Applied Linguistics (DEAL). Assignment or renewal of assignment as tutor depends on the tutor's evaluation and attendance.

Facilities and Resources at the ELL:

For language tutorials, the ELL has 10 computers, two printers, a reading corner with current issues of Philippine Daily Inquirer, Time, The Philippine Star, Newsweek, and National Geographic, among others.
The Speech Lab has an LCD, computers, and digital cameras. Students' speech deliveries are videotaped and are reviewed by the students themselves as a form of self-critiquing.

Plans for the ELL:

The DEAL is studying the inclusion of ELL work in ENGF01 (Advanced Technical Reading and Writing - foreigners' class) as the 1st step towards making graduate students avail themselves of the services of ELL. Expansion of ELL services to include other language-related services (such as editing, etc.) is under study.
-- Prepared by RZMiciano, Coordinator, ELL (6/8/09)

Friday, March 9, 2012

Sedikit Tentang Filsafat Pendidikan


1. Arti cinta, kebenaran, kebaikan, hikmah dan kebijaksanaan:
a. Cinta
Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Allah SWT  pada manusia.Cinta adalah sesuatu yang murni,putih,tulus dan suci,yang timbul tanpa adanya paksaan atau sesuatu yang dibuat- buat.karena cinta adalah anugerah dari Allah maka cinta dapat membawa kebenaran, kebaikan, hikmah dan kebijaksanaan
b. Kebenaran
a)      Kebenaran adalah kenyataan. Persesuaian antara pengetahuan dan objeknya itulah yang disebut kebenaran.
b)      Keadaan (hal dan sebagainya) yang cocok dengan keadaan hal yang sesungguhnya serta sesuatu yang sungguh-sungguh (benar-benar) ada.
c. Kebaikan
Adalah sifat baik, kegunaan, sifat manusia yang dianggap baik menurut sistem norma dan pandangan umum yang berlaku.
d. Hikmah :
a)      Hikmah adalah kebijaksanaan dari Allah SWT.
b)      Hikmah adalah arti dan makna yang dalam.
c)      Sebuah kebaikan di balik kesusahan.
e. Kebijaksanaan
a)      Kebijaksanaan adalah kepandaian atau kemahiran menempatkan sesuatu pada tempatnya berkat pengalaman dan pertimbangan yang matang. (KBBI : 182)
b)      Kebijaksanaan adalah kepandaian menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuannya) Atau juga merupakan kecakapan bertindak apabila menghadapi kesulitan, dan sebagainya. (KBBI : 2005)

2.      Berikut adalah beberapa problema esensial filsafat pendidikan:
a.       Mengapa pendidikan harus ada pada manusia dan merupakan hakikat hidup manusia. Dan apa pula hakikat manussia itu, dan bagaimana hubungan antara pendidikan dengan hidup dan kehidupan manusia.  (Prasetya, Filasafat Pendidikan (Bandung: pustaka setia,2000). hal 13)
b.      Apakah pendidikan itu berguna untuk membina kepribadian manusia. Apakah potensi hereditas yang menentukan kepribadian manusia itu, ataukah faktor-faktor yang berasal dari luar?  Mengapa anak yang potensi hereditasnya relatif baik tanpa pendidikan dan lingkungan yang baik tidak mencapai perkembangan kepribadian  sebagaimana yang diharapkan?
c.       Siapakah yang bertanggung jawab terhadap pendidikan dan sampai dimana tanggung jawab tersebut. Bagaimana hubungan tanggung jawab antara keluarga, masyarakat dan sekolah terhadap pendidikan.
d.      Apakah hakikat pribadi manusia itu? manakah yang lebih utama dididik; akal, perasaan, atau kemauannya, pendidikan jasmani atau mentalnya, pendidikan skill atau intelektualnya.
e.       Bagaimana metode pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal?

           Masalah-masalah diatas hanyalah sebagian dari berbagai problema pendidikan yang dalam pemecahannya memerlukan berbagai usaha dan pemikiran yang dalam dan sistematis. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai pendekatan, diantaranya :
a.       Pendekatan spekulatif, berarti memikirkan, mempertimbangkan, juga membayangkan dan menggambarkan untuk mencari hakikat yang sebenarnya tentang suatu objek.
b.      Pendekatan normatif, berarti berusaha memahami nilai-nilai norma yang berlaku dalam kehidupan serta bagaimana hubungan nilai dan norma tersebut dengan pendidikan.
c.       Pendekatan analisa konsep, berarti setiap orang memiliki pengertian atau penangkapan yang berbeda beda mengenai suatu hal yang sama.
d.      Analisa ilmiah, berarti sasarannya adalah masalah kependidikan yang aktual sehingga akan didiskripsikan dan dipahami permasalahan yang hidup dalam masyarakat dan dalam proses pendidikan serta aktifitas yang berhubungan dengan pendidikan.
3.      Fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia menurut tradisi filsafat pendidikan antara lain:
1)      Metafisis dalam aspek ontologi : pendirian philosophy of life, suatu pandangan hidup yang didasari nilai kejujuran.
Dalam aspek ontologi ada kematangan spiritual yaitu wawasan yang luas yang menyeluruh dan padu meliputi asal mula eksistensi dan tujuan hidup.
2)      Teoritis dalam aspek epistimologi yaitu pembentukan scientific attitude sikap yang dijiwai nilai kebenaran.
Dalam aspek epistimologi ada kematangan intelektual yaitu creativities skill of life.
3)      Praktis dalam aspek etika yaitu pengembangan responsible conduct.
Dalam aspek etika ada kematangan emosional, yaitu kemampuan mengendalikan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang melampaui batas.

Peranan lembaga pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan :
1)      Keluarga menentukan kualitas karena keluarga adalah pendidikan pertama dn utama serta motivasi orang tua menjadi orientasi filosofi dalam kehidupan keluarga.
2)      Sekolah membentuk potensi intelektual seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik.
3)      Masyarakat membentuk kecerdasan emosional dan nilai keadilan sosial serta nilai kebaikan. ( Hj. Mila Hasanah, M.Ag, disampaikan pada perkuliahan Filsafat Pendidikan di kelas PBI B ’09 Fakultas Tarbiyah IAIN ANTASARI Banjarmasin)
Literatur :
1.      Prasetya, 2000. Filasafat Pendidikan. Bandung: pustaka setia
2.      Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2005.
3.      Penjelasan yang disampaikan oleh ibu Hj. Mila Hasanah, M.Ag pada mata kuliah Filsafat Pendidikan.

Thursday, March 8, 2012

Mimpi Seorang Mahasiswa

“Mimpi saya yang terbesar, yang ingin saya laksanakan adalah, agar mahasiswa Indonesia berkembang menjadi “manusia-manusia yang biasa”. Menjadi pemuda-pemuda dan pemudi-pemudi yang bertingkah laku sebagai seorang manusia yang normal, sebagai seorang manusia yang tidak mengingkari eksistensi hidupnya sebagai seorang mahasiswa, sebagai seorang pemuda dan sebagai seorang manusia. ”
  __Soe Hok Gie__

Bertahan Satu Cinta Pada Satu Nama

Aku tak mengerti pada diriku sendiri,kenapa q bisa merasakan hal yang seperti ini,..
rasa ini tumbuh tanpa kusadari,ku seperti berada dalam tidur panjang,begitu ku terbangun ku sudah berada dalam sebuah lubang yang begitu indah,pada awalnya ku sangat menikmati perasaan ini,tapi ternyata lubang yang indah itu menuju ke sebuah tempat yang gelap gulita sehingga ku tak dapat melihat apa2,..........


lubang itu adalah yang biasa disebut dengan CINTA namun sepertinya lubang yang telah kumasuki adalah lubang yang salah,lubang yang terlarang untukku,karna sepertinya di dalam lubang itu ada SESUATU yang menghambat langkahku,,,,,,,


kini,semua telah terjadi,ku sudah tak bisa kembali, walaupun untuk saat ini tak ada kesempatan lagi untukku bisa meneruskan langkahku menuju tempat yang terdalam dari lubang itu, ku akan terus bertahan disana sampai SESUATU yang menghambat langkahku itu bisa ku tangkap dan ku singkirkan agar ku dapat kesempatan lagi untuk menuju tempat terdalam dan terindah dari lubang itu.........


Ku akan terus bertahan satu cinta pada satu nama..........

Bukan Aku

saat hujan turun membasahi dunia pana ini,.........

hatiku berkata sesuatu hal yang sebenarnya tak ingin ku dengar,kini semua mulai terlihat olehku walaupu ku masih tak bisa menafsirkannya dengan sempurna,tapi setidaknya ku mulai tau apa yang selama ini tersembunyi,,,,,,,,,,,,,,,,,

mungkin ku salah telah masuk kedalam lubang yang dapat menguburku selamanya di dalamnya,kini ku mencoba keluar,walaupun tak mungkin mudah ku melakukannya,tapi dengan ikhtiar dan do'a yakin usaha sampai............

yakin usaha sampai,itulah sepatah kata yang dapat membakar semangat dan motivasiku uhtuk kembali menjalani hidupku sebagai aku,,,,,,,,,,,,,

aku,aku akan menjadi aku karna aku,aku berbeda dengan kau kalian dia dan mereka,biarlah semua orang berasumsi tentang aku,tapi apa yang mereka pikirkan bukanlah aku,yang mengerti aku hanyalah aku dan tuhanku,katna aku adalah aku,,,,,,,,,,,,,,,,

Wednesday, March 7, 2012

Rahasia Hati

Suatu hari dikampus yang cukup besar disuatu kota yang tak kalah besar, ditemani oleh cuaca yang benar-benar menggambarkan kebahagiaan, dimulailah pertemuan itu, pertemuan yang tak pernah ku sangka akan menimbulkan sebuah cerita yang  sangat panjang dan berliku. Kala itu aku sedang duduk sendirian di suatu lampau dekat kantin kampus seraya menikmati sepiring nasi yang ku beli dengan sisa uang yang tersisa di dompetku, sepiring nasi itu ku lahap dengan asyik layak seorang mahasiswa pperantau yang kelaparan, sungguh tak ada yang mampu mengusik ku dalam menikmati anugerah Tuhan yang diberikan kepadaku, hingga akhirnya semua kenikmatan yang kurasakan sirna seketika setelah ku melihatmu, walaupun ini bukanlah yang pertama kalinya aku melihatmu, tapi kenapa kali ini kau terliha istimewa di mataku, apa yang kurasakan saat itu benar-benar tak pernah kurasakan di pertemuan-pertemuan kita sebelumnya, kau sungguh istimewa. to be continue...

Mutiara Kata

Cinta melemahkan orang yang kuat dan menguatkan orang yang lemah...

hanya orang yang ingin sukses yang akan sukses...

Tak ada kata yang lebih romantis daripada kata Romantis...

Jika ingin bahagia, ciptakanlah kebahagiaan...

Gunakanlah spion saat berkendara, gunakanlah masa lalu saat menjalani hidup...

orang yang lemah tak akan pernah menjadi kuat tanpa kenal akan dirinya sendiri...

Hidup yang egois akan menjauhkan anda dari orang yang anda cintai...

Hiduplah dengan cinta bukan bercinta dengan hidup...

Setiap manusia akan menjadi manusia dengan hati dan akal...

Perubahan harus diciptakan, bukan ditunggu...

Tak ada manusia yang sukses karena kebetulan...

Cinta tak akan membuat kebahagiaan tanpa kesetiaan,..

wanita, terlalu isitimewa utk d'sia-siakan... Terlalu indah utk d'campakkan... Terlalu berharga utk ditinggalkan...

Pengorbanan dalam cinta adalah keniscayaan...