Thursday, July 25, 2013

Contoh Proposal Kegiatan

Proposal, sangat diperlukan dalam melaksanakan suatu kegiatan untuk mendapatkan dana bantuan dari pihak sponsor, karena setiap kegiatan yang dilaksanakan tentu memerlukan dana operasional. Untuk jumlah dana operasional yang diperlukan tergantung dari kegiatan tersebut. Selain itu, proposal juga berfungsi untuk menjalin kerjasama. Berikut ini saya memberikan contoh proposal kegiatan bakti sosial yang kegiatan ini telah kami laksanakan dengan sukses pada bulan Ramadhan, berkat proposal ini kami mendapat banyak dana bantuan dari beberapa pihak sponsor dan donatur.


Proposal Kegiatan

A.    DASAR PEMIKIRAN
Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat,hidayah-Nya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menjalankan aktivitas kita.Sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa sekaligus makhluk sosial di kehidupan ini, sepatutnya kita menyadari bahwa masih banyak saudara – saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan dan dorongan dari kita. Oleh karena itu, sebagai umat yang beragama dan peduli dengan sesama, kami selaku panitia BAKSOS (BAKTI SOSIAL) DEMA IAIN Antasari Banjarmasin membuat sebuah kegiatan yang bertema “ “ dengan memikirkan banyaknya saudara-saudara kita yang masih membutuhkan bantun kita
IAIN Antasari Banjarmasin merupakan salah satu perguruan tinggi Islam terbesar di pulau Kalimantan yang mana sudah ada mengajarkan untuk berorganisasi sehingga bisa untuk bekerja sama dalam kehidupan sesama masyarakat kampus dan juga terhadap masyarakat luar kampus IAIN Antasari Banjarmasin khususnya anak yatim dip anti asuhan, maka kami atas perwakilan dari masyarakat kampus, DEMA IAIN Antasari Banjarmasin merasa terpanggil untuk turut serta meringankan beban masyarakat kurang mampu khususnya dalam hal kebutuhan bahan pokok, Diharapkan, suatu kegiatan Bakti Sosial yang dikelola secara optimal dan terorganisir dapat mengemas misi pendidikan, sekaligus sebagai sarana alokasi bantuan materiil bagi masyarakat yang membutuhkan dimana pada akhirnya akan menuju perbaikan tarap hidup serta peningkatan kesejahteraan terutama untuk masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita yang didasarkan pada firman Allah yang artinya :
Tolong menolonglah kamu dalam hal (mengerjakan) kebajikan dan taqwa dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran” (QS. Al-Maidah : 2)
            Lebih jauh, di antara banyaknya masyarakat kita yang memerlukan bantuan, terselip keberadaan anak yatim yang sudah barang tentu perlu kita didik dan bina bersama oleh karena ketiadaan orang tua yang semestinya melaksanakan fungsi dan tugas sebagai pendidik dan Pembina bagi mereka, selain itu mereka juga sangat memerlukan uluran tangan dan bantuan baik moril maupun materiil.
Sebagai makhluk sosial, hal tersebut merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita sesama umat muslim dalam menjalankan ibadah kepada-Nya melalui hubungan silaturrahmi dan kegiatan-kegiatan sosial sebagai aplikasi dari eksistensi kita dalam menjalankan fungsi hablu minannas disamping dari kewajiban kita menjalankan ibadah hablu minallah.
Untuk itu, sebagai Implementasi nyata pengabdian kepada masyarakat, maka Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Antasari Banjarmasin bermaksud mengadakan Bakti Sosial (BAKSOS) yang kami dedikasikan untuk memberikan pendidikan dan pembinaan tambahan serta memberikan bantuan berupa santunan kepada anak yatim, yang merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Antasari Banjarmasin
B.     NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan Bakti Sosial dengan Tema “Indahnya Ramadhan Berhias Silaturrahmi”
C.    WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada  :
Hari/Tanggal               : Selasa-Rabu/ 23-24 juli 2013
Pukul                           :  09.00 WIB s/d Selesai
Tempat                        : Panti asuhan “Sentosa”



D.    TUJUAN KEGIATAN
1        Menjalin silaturrahmi dengan anak-anak yatim piatu di panti asuhan
2        Memotivasi anak-anak yatim piatu di panti asuhan untuk mengenyam pendidikan setingi-tingginya
3        Memberikan pembelajaran ilmu pengetahuan dan agama kepada anak-anak yatim piatu dip anti asuhan
4        Meningkatkan jiwa sosial dan tenggang rasa dalam diri fungsionaris DEMA IAIN Antasari Banjarmasin dan anak-anak yatim piatu.
E.     BENTUK KEGIATAN
1        Pembelajaran ilmu-ilmu pengetahuan umum dan agama kepada anak-anak panti asuhan
2        Pembelajaran Baca tulis Al-Qur’an kepada anak-anak panti asuhan
3        Lomba-lomba yang mendidik untuk anak-anak panti asuhan
4        Buka puasa, tadarus dan tarawih bersama anak-anak panti asuhan
5        Khataman massal bagi anak-anak panti asuhan
6        Penyerahan santunan kepada panti asuhan
F.     PANITIA PELAKSANA
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin dengan susunan kepanitiaan sebagaimana Terlampir.
G.    PESERTA KEGIATAN
Anak yatim dari Panti Asuhan “ “ yang berjumlah lebih kurang
H.    MANUAL ACARA
Terlampir
I.       PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN
Penanggung jawab kegiatan ini adalah Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin.

J.      SUMBER DANA
Sumber dana kegiatan ini berasal dari            :
1.      Kas DEMA IAIN Antasari Banjarmasin
2.      Sumbangan yang halal dan tidak mengikat.

K.    PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipelajari dan dijadikan bahan acuan kerjasama, semoga semua ini dapat memberi sumbangsih kepada masyarakat, serta mendapat ridho dari Allah SWT. Amin.

Banjarmasin, 29 juni 2013

Panitian Pelaksana
Bakti Sosial “BAKSOS”
DEMA IAIN Antasari Banjarmasin


Nurul Hamdanah
Ketua



Rachmad Riyadi
Sekretaris
Mengesahkan,
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama IAIN Antasari Banjarmasin



Prof. Dr. Mahyudin Barni, M.Ag
NIP: 1962 11 12 1989 031 004
Mengetahui,
Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa
IAIN Antasari Banjarmasin



Muhammad Ridha
Ketua Umum

Artikel Menarik Lainnya

No comments:

Post a Comment