Thursday, July 25, 2013

Kehidupan Mahasiswa; Kehidupan Sandiwara

Mahasiswa adalah satu dari banyak jenis kehidupan, dimana mahasiswa merupakan salah satu kaum minoritas ditengah-tengah banyaknya manusia penghuni bumi ini, tetapi walaupun begitu, hidup sebagai seorang mahasiswa selalu menjadi kebanggaan, karena mereka adalah orang-orang yang sangat beruntung dapat mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi, dibalik itu semua hidup sebagai mahasiswa seperti hidup dalam sandiwara.

Kenapa dikatkan demikian? mahasiswa merupakan tingkatan terakhri dari proses belajar secara formal, sehingga di tahap inilah manusia biasanya benar-benar belajar seperti apa kehidupan mereka setelah proses belajar mereka berakhir, disini mereka belajar memanajemen hidup mereka sendiri sebelum mereka harus memanajemen keluarga yang akan mereka bangun sendiri nantinya.

Banyak hal yang harus mereka manajemen, seperti waktu, finansial dan kehidupan sosial serta menentukan masa depan mereka setelah usai menyandang gelar sarjana,. Manajemen waktu, biasanya mereka belajar bagaimana memanajemen waktu dengan mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti organisasi mahasiswa (Ormawa), selain belajar memanajemen waktu, di ormawa mereka juga biasanya menggali minat dan bakat mereka dari berbagai bidang seperti seni dan olahraga. dengan mengikuti kegiatan kemahasiswaan tentu mereka harus pandai membagi waktu antara kuliah mereka dengan kegiatan diluar bangku perkuliahan. Dengan begitu mereka mendapat pelajaran bagaimana caranya memanajemen waktu yang baik untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya, dimana mereka harus mampu mengelola waktu mereka untuk diri sendiri, keluarga, pekerjaan serta lingkungan.

Manajemen finansial, mereka belajar mengelola keuangan sendiri, ini merupakan 'pelajaran wajib' bagi seorang mahasiswa karena kebanyakan dari mereka hanya mengharapkan biaya hidup dari penghasilan orang tua, khususnya bagi mereka yang kuliah jauh dari orang tua, namun banyak juga mahasiswa yang kuliah sambil bekerja untuk mendapatkan 'uang jajan' tambahan agar mereka dapat membantu mempertahankan kestabilan ekonomi keluarga atau bahkan hanya karena sekedar hobi berbisnis. Disini mereka akan mendapatakan pelajaran berharga tentang kehidupan ekonomi, karena di depan mereka terdapat kehidupan nyata yang mengharuskan mereka mahir dalam mengelola keuangan, baik pribadi maupun keluarga.

Kehidupan sosial, dalam sebuah perguruan tinggi, khususnya di Indonesia, biasanya terdapat mahasiswa dari beragam suku yang berbeda,  jika di perguruan tinggi umum juga terdapat beragam agama, namun tidak demikian di perguruan tinggi agama yang hanya ada satu agam dalam satu perguruan tinggi, dengan kehidupan yang beragam seperti itu, tentu mereka harus pandai dalam bersosial dan menyesuaikan diri dengan lingkungan, ini merupakan pelajaran yang sangat berarti bagi mahasiswa, karena setelah mereka menyelesaikan studi mereka, tentu mereka akan berhadapan dengan situasi dimana mereka harus berbenturan dengan kondisi sosial yang lebih kompleks dan nyata.

Nah, dengan kehidupan mahasiswa seperti yang terurai diatas, maka kita bisa mengatakan bahwa kehidupan mahasiswa adalah sebuah miniatur dari kehidupan yang sesungguhnya atau lebih puitis jika kita sebut dengan "Kehidupan Sandiwara".

No comments:

Post a Comment