Monday, July 29, 2013

Mengoptimalkan Facebook Agar Lebih Bermanfaat dan Berdampak Positif

Facebook merupakan sosial media terpopuler sekarang, hampir semua orang memiliki akun dan menggunakan Facebook untuk menjalin silaturrahmi dan bergaul dengan orang banyak secara online atau di dunia maya, Facebook memiliki banyak kelebihan yang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, namun sayangnya banyak sekali penggunanya yang justru menggunakan Facebook untuk
kepentingan-kepentingan negatif atau hal-hal yang tidak bermanfaat, sangat disayangkan jika Facebook hanya digunakan untuk sekedar "bergaul" tanpa mengoptimalkan manfaat yang bisa kita ambil dari sosial media ini, disini saya akan coba memberikan beberapa tips agar Facebook bisa lebih bermanfaat, walaupun ini hanya sekedar opini yang berdasarkan dari pengalaman saya selama menggunakan facbook.

1. Menjadikan Facebook sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan kawan lama atau keluarga jauh, dengan begitu hubungan silaturrahmi kita dengan kawan lama atau keluarga yang berada jauh dengan kita tetap terjaga meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, kita juga bisa memanfaatkan Facebook jika kita memiliki keperluan dengan mereka sementara kita tidak bisa bertemu dengan mereka.

2. Menjadikan Facebook sebagai sarana "berkumpul' dengan teman-teman dekat anda, "berkumpul" di Facebook ini bisa kita lakukan dengan berbagai cara, misalnya membuat satu group komunitas Facebook, melakukan satu pembahasan bersama dengan men-tag nama-nama teman dekat kita, pembahasan bisa berupa candaan atau curhat dll, atau kita bisa meng-upload foto kenangan dengan teman-teman untuk mengenang masa-masa kebersamaan kita semua dan banyak hal lagi yang bisa kita lakukan untuk dapat "berkumpul" di Facebook.

3. Jangan mem-post hal-hal yang provokatif sehingga dapat memicu pertengkaran dalam dunia maya bahkan merambat ke dalam dunia nyata, hal ini biasanya dilakukan orang-orang yang suka melampiaskan kekesalannya di Facebook karena tidak bisa melampiaskannya secara langsung. Usahakan untuk menghidari hal ini, agar akun Facebook kita dapat berdampak positif bagi kita dan orang lain.

4. Jangan mem-post hal-hal yang sangat pribadi, karena ini hanya akan membuat privasi kita akan terpublish tanpa kita sadari, tentu ini akan merugikan bagi diri kita sendiri, orang lain yang tidak seharusnya tau urusan pribadi kita menjadi sangat mudah untuk mengakses kehidupan pribadi kita, bahayanya hal ini mungkin digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan kita.

5. Hindari meng-upload foto-foto vulgar ke akun Facebook kita, hal ini hanya akan mengakibatkan kita terlihat negatif di mata orang lain dan memungkinkan hal-hal negatif yang tidak kita inginkan terjadi, bahkan bisa saja foto vulgar yang kita upload menjadi "lahan dosa" tersendiri bagi kita yang telah mengumbar aurat dimuka umum, apalagi bila foto tersebut dilihat oleh banyak orang yang notabene lawan jenis kita, jadi saya sarankan bagi kalian yang sudah terlanjur meng-upload foto vulgar di Facebook agar segera menghapusnya untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

6. Menjadikan Facebook sebagai sarana untuk berbisnis, akan lebih baik jika kita bisa menjadikan Facebook untuk menambah pemasukan finansial kita, mungkin ini hanya opsi, karena tidak semua orang suka berbisnis apalagi bisnis online, tapi banyak orang yang sudah melakukan ini tergantung pada diri kita masing-masing.

Demikianlah beberapa tips dalam mengoptimalkan Facebook agar lebih bermanfaat dan tidak berdampak negatif bagi kita dan orang lain, mungkin banyak lagi tips lain yang bisa kita gunakan dalam mengoptimalkan Facebook  jadi bagi kalian yang memiliki tips sendiri, silakan tulis di kolom komentar.
Terima Kasih, semoga bermanfaat...

Artikel Menarik Lainnya

1 comment:

  1. Aasssiiikkkk.. naahh..kan FB jga bnyak lho manfaatnya

    ReplyDelete