Friday, July 26, 2013

Langkah-Langkah Mudah Membuat Makalah

Mungkin banyak yang tidak tau apa itu makalah, tapi bagi mahasiswa, makalah merupakan "makanan wajib" mereka, karena hampir semua tugas kuliah berupa makalah. Bagi mahasiswa baru, mungkin membuat makalah itu sangat sulit bahkan menjadi momok yang menakutkan, tapi sebenarnya membuat makalah itu sangat mudah, yang penting rajin dan sungguh-sungguh.
Nah, disini saya akan berbagi langkah-langkah membuat makalah, semoga bermanfaat...

1. langkah pertama kita harus menentukan tema besar dari makalah kita dulu, misalnya tentang "Sejarah Bangsa Indonesia", tapi biasanya tema besar ini ditentukan oleh dosen pengasuh mata kuliah (bagi mahasiswa).

2. setelah kita tau apa tema besar dari makalah kita, maka kita bisa menentukan sub tema yang nantinya akan menjadi topik atau pembahasan utama dalam makalah kita, sebaiknya menentukan sub tema yang benar-benar erat kaitannya dengan tema dan juga yang termuat dalam banyak referensi sehingga kita tidak kesulitan dalam mencari referensi.

3. setelah kita telah menentukan topik atau pembahasan makalah kita, kita buat kerangka berpikir atau bisa juga disebut pola umum dalam makalah kita. contoh:
misalnya topik makalah kita adalah "Sejarah Perjuangan Bung Karno dkk dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI" maka kita bisa membuat kerangka berpikirnya kurang lebih seperti ini:
a. Definisi Sejarah
b. Perjalanan Bung Karno dkk Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI
c. Tantangan-tantangan yang Dihadapi Bung Karno dkk dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI
d. dst. (tentukan pembahasan yang sesuai dengan pembahasan umum)

4. setelah kita membuat kerangka berpikir makalah kita, mulailah kita mencari referensi yang berkaitan dengan kerangka berpikir kita tersebut.

5. jika sudah ditemukan beberapa referensi yang kita butuhkan dan sesuai dengan pembahasan makalah kita, mulailah kita menyusun makalah kita sesuai dengan kerangka berpikir yang sudah kita buat sebelumnya, hindari yang namanya "Copy Paste" dimana kita hanya menjiplak yang terdapat dari referensi tanpa ada sumbangan pemikiran sedikitpun dari kita, karena itu bisa melanggar hak cipta. Dan akan membuat pemikiran kita tidak akan berkembang, apalagi kalau sampai ketahuan oleh dosen, pasti nilai makalah kita akan sangat rendah bahkan bisa saja ditolak.

6. nah, setelah selesai menyusun makalah, selanjutnya kita buat kesimpulan dari keseluruhan isi makalah kita, usahakan kesimpulan benar-benar dari pemikiran dan analisa kita terhadap makalah yang kita susun tadi.

nah, demikianlah kira-kira langkah dalam membuat makalah, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

Artikel Menarik Lainnya

No comments:

Post a Comment