Thursday, July 25, 2013

Tips-Tips Menentukan Tema Debat Ilmiah


Lomba Debat Ilmiah merupakan salah satu lomba yang sering dilaksanakan dalam upaya peningkatan kualitas intelektual, biasanya lomba debat ilmiah ini dilaksanakan dalam satu event yang terdapat banyak lomba di dalamnya dengan tujuan atau misi yang sama tergantung dari event yang dilaksanakan. Lomba ini kebanyakan dilaksanakan untuk tingkat mahasiswa karena mahasiswa merupakan golongan manusia yang kental dengan nuansa ilmiah dan intelektual. Dalam debat ilmiah, biasanya tema yang diperdebatkan ditentukan oleh panitia dengan memberikan banyak opsi atau pilihan tema yang sesuai dengan tema umum dari lomba tersebut dan peserta hanya dipersilakan untuk memilih tema secara acak. Namun, kebanyakan panitia pelaksana lomba debat ilmiah kurang mampu dalam menentukan tema yang bagus untuk digunakan dalam debat ilmiah.
Disini, saya mencoba memberikan tips-tips dalam menentukan tema Debat Ilmiah, silakan disimak.

1. Tema Debat harus sesuai dengan tema umum kegiatan
Dalam menentukan tema lomba debat ilmiah, jangan sampai kita mengesampingkan tema umum atau tema besar dari kegiatan yang kita laksanakan karena itu akan memunculkan kesan yang tidak profesional bagi panitia, misalnya tema umum kegiatan adalah "Pendidikan" lalu kita menentukan tema debat tentang "Hukum" tentu saja tidak ada korelasinya, jadi kita harus mengacu pada tema umum tersebut untuk menentukan tema debat ilmiah, jika tema umum adalah "Pendidikan" maka tentukan tema debat tentang pendidikan, misalnya "Kebijakan Pemerintah Tentang Kurikulum".

2. Tema Debat harus tema yang Update
Untuk menentukan tema Debat Ilmiah, kita harus mengikuti berita-berita terbaru yang sedang hangat diperbincangkan, jadi debat ilmiah yang kita laksanakan tidak terlihat "basi" tapi justru menarik untuk disaksikan.

3. Tema Debat harus Debatable
Maksud dari Debatable adalah tema debat ilmiah harus tema yang mengandung unsur kontroversi sehingga memungkinkan timbul 2 pendapat yang berseberangan agar tema benar-benar bisa diperdebatkan, misalnya suatu topik yang mengandung pendapat pro (mendukung) dan kontra (menolak). Ini adalaha unsur yang paling penting dalam menentukan tema debat ilmiah, karena jika tema tidak debatable maka debat ilmiah tidak akan bisa berjalan disebabkan tidak ada yang bisa diperdebatkan. Jadi hati-hati pada poin ketiga ini, jika poin ini tidak terpenuhi, panitia siap-siap gigit jari.

4. Tema Debat Harus Mengandung Unsur Ilmiah
Poin ini sepertinya sudah jelas, yang namanya debat ilmiah, tentu harus ilmiah.


Artikel Menarik Lainnya

No comments:

Post a Comment