Tuesday, March 13, 2012

Keterampilan Mengajar

Mengajar adalah tugas pokok seorang guru, dimana dia akan selalu berkutat dalam kegiatan tersebut dalam kesehariannya, dalam melakukan proses pengajaran, tentunya seorang guru haruslah memiliki keterampilan khusus agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri, secara umum ada beberapa keterampilan dalam mengajar yang harus diketahui dan dimiliki oleh seorang guru, yaitu sebagai berikut:

1. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
keterampilan membuka pelajaranharus dimiliki oleh seorang guru untuk membuat murid atau siswa siap secara mental dalam mengikuti pelajaran yang akan diberikan. sementara keterampilan menutup pelajaran sangatlah penting karena disini  guru akan memberikan kesimpulan, penilaian dan atau  penugasan kepada siswa agar siswa dapat benar-benar memahami pelajaran yang sudah diberikan.

2. Keterampilan bertanya.
keteranpilan ini untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam bertanya, membangun aktivitas siswa dan mengukur hasil dari proses pembelajaran yang telah atau sedang berlangsung.

3.  Keterampilan mengadakan variasi.
Keterampilan ini diperlukan untuk membangun suasana kelas agar proses belajar mengajar tidak berjalan monoton yang mengakibatkan siswa menjadi bosan dan pembelajaran menjadi tidak efektif.

4. Keterampilan mengelola kelas.
Keterampilan ini diperlukan agar siswa dapat fokus dalam mengikuti pelajaran sehingga pelajaran bisa berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.

5. Keterampilan menjelaskan.
Keterampilan ini jelas harus dimiliki oleh seorang guru, karena menjelaskan adalah proses transfer informasi dari guru kepada siswa, tanpa memiliki keterampilan dalam menjelaskan, maka akan  menyulitkan guru dalam mentransfer informasi kepada siswa yang akhirnya mengakibatkan siswa tidak akan mendapatkan apa-apa dari proses pembelajaran.

6. Keterampilan memimpin diskusi dalam kelas.
Keterampilan ini diperlukan untuk membantu siswa dalam saling berbagi pengalaman dan informasi, melatih siswa dalam mengutarakan pendapat serta memecahkan masalah yang hadapi.

7. Keterampilan mengajar kelompok kecil.
Keterampilan ini diperlukan agar guru dapat membangun hubungan interpersonal antara guru dengan siswa serta siswa dengan siswa sehingga dapat menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan dan kebutuhan siswa.

8. Keterampilan memberi penguatan.
Keterampilan ini diperlukan untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap pelajaran, membangkitkan motivasi siswa sehingga memudahkan siswa dalam belajar.

Itulah delapan keterampilan dalam mengajar yang setidaknya diketahui dan dimiliki oleh seorang guru untuk membantu proses belajar mengajar di  dalam kelas.

No comments:

Post a Comment